Blogroll

KTT LB OKI


Senin (7/3) dalam sambutan pidatonya presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji keterlibatan para pemimpin dunia islam saat berlangsungnya KTT LB OKI (Konferensi Tingkat Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam) yang berlangsung 2 hari pada 6-7 maret 2016 tentang Palestina dan Al-Quds Al-ShARIF yang dihadiri 605 anggota delegasi dari 55 negara, termasuk49 negara anggota oki, dua negara peninjau,lima anggota permanen dewankeamanan PBB, dua negara kuar-tet, dan dua organisasi internasional (PBB dan Uni Eropa) penutupan KTT LB OKI ke-5 di balai sidang jakarta presiden Jokowi menegaskan, perjuangan rakyat palestina untuk merdeka adalah perjuangan seluruh negara islam di dunia.

 “ dunia islam masih memiliki utang kemerdekaan kepada rakyat palestina. Perjuangan rakyat palestina adalah perjuangan kita semuanya. Insya Allah kita dapat `menyaksikan kemerdekaan palestina dalam hidup kita,”  tuturnya. KTT LB OKI menyetujui dua dokumen yaitu resolusi dan deklarasi jakarta (jakarta declaration) dokumen resolusi menegaskankembali posisi prinsip dan komitmen OKI terhadap palestina dan Al-quds Al-sharif.


Deklarasi deklarasi jakarta adalah inisiatif indonesia, yang memuat rencana aksi konkret para pemimpin  OKI untukpenyelesaian isupalestina dan Al-quds Al-sharif. “kami berterimakasih atas dukungan tersebut danindonesia siap bekerja sama untuk mendukung implementasi deklarasi tersebut,” kata presiden. presiden juga mengemukakan indonesia dan dunia islam akan melakukan langkah-langkah untuk mengakhiri penjajahan israel terhadap palestina. 

Subscribe to receive free email updates: